Categories
Uncategorized

Perkembangan Bayi 1 Bulan , Suara Moms Favoritnya

Memiliki bayi di rumah bersama Moms dalam beberapa minggu pertama mungkin terasa luar biasa bahkan perkembangan bayi 1 bulan dan bulan bulan berikutnya sangat ditunggu-tunggu. Seiring minggu demi minggu dan Moms secara bertahap menyesuaikan diri dengan orang kecil baru ini dalam hidup Moms, Moms mungkin akan segera merasa lebih percaya diri dan nyaman. Tapi jangan terlalu nyaman! Bayi yang baru lahir berkembang dan berubah dengan cepat.

Untuk membantu Mom merasa lebih siap, disini akan menjabarkan beberapa perkembangan khas untuk bayi berusia 1 bulan, membahas apa yang perlu Moms ketahui tentang pemberian makan dan tidur pada tahap ini, dan memberi Moms petunjuk tentang masalah potensial yang mungkin Moms hadapi, seperti topi kolik dan dudukan.

Milestone Perkembangan Bayi

Bayi Moms unik (Moms tahu itu, tentu saja!). Menjadi hal yang normal baginya untuk tumbuh dengan kecepatannya sendiri. Jangan kaget jika perkembangan bayi Moms di satu hal tampaknya terlambat selama beberapa minggu, dan kemudian setelahnya menyusul. Berikut adalah beberapa milestone perkembangan bayi 1 bulan.

Perkembangan Motorik – Perkembangan Bayi 1 Bulan

Bulan ini, gerakan bayi Moms sebagian besar masih akan refleksif, tetapi beberapa refleks yang hadir dalam empat minggu pertama mungkin secara bertahap mulai menghilang dan digantikan oleh gerakan yang lebih terkontrol.

Ketika dia berada di perutnya dia mungkin sebentar mengangkat kepalanya ke atas, dan dia mungkin mulai merentangkan tangannya lebih banyak daripada memegangnya dekat dengan tubuhnya.

Dia mungkin juga mulai meregangkan dan menendang kakinya keluar. Ini mungkin terlihat seperti hal kecil tapi dia benar-benar bekerja keras untuk memperkuat otot-otot kakinya. Perlu diingat: Bahkan bayi yang sangat muda dapat berguling dari waktu ke waktu, jadi pastikan Moms mengawasinya, karena kemungkinan terjatuh dari tempat yang tinggi dapat terjadi meskipun bayi masih berusia 1 bulan.

Pada perkembangan bayi 1 bulan, otot leher bayi belum cukup kuat untuk menopang kepala mereka untuk waktu yang lama. Bayi bisa mengangkat kepala hanya sebentar ketika berbaring tengkurap.

Gerakan tungkai dipengaruhi oleh refleks bayi baru lahir, seperti refleks mengejutkan, yang membuat bayi membuang lengannya dan merentangkan jari-jari sebagai respons terhadap suara keras atau tiba-tiba, stimulus tak terduga lainnya. Pada usia 6 minggu, refleks bayi baru mulai memudar dan kekuatan dan koordinasi bayi meningkat

Perkembangan Sensori – Perkembangan Bayi 1 Bulan

Perkembangan bayi 1 bulan sangat amatlah cepat. Di 1000 hari kehidupan bayi, baik perkembangan motorik maupun sensorik pada bayi seringkali cukup membuat kagum para Moms yang mengikuti perkembangan mereka.

Berikut penjabaran mengenai perkembangan bayi 1 bulan dalam hal perkembangan sensori yang terdiri dari indera penciuman, perasa, penglihatan, pendengaran dan peraba

Indera Penciuman dan Perasa Bayi 1 Bulan

Di usia 1 bulan, bayi suda bisa merasakan dan mencium dan akan menyukai rasa manis daripada yang pahit. Misalnya, bayi akan memilih untuk mengisap sebotol air manis, tetapi akan berpaling atau menangis jika diberi sesuatu yang pahit atau asam secukupnya. Demikian juga, bayi akan berubah menjadi bau yang disukai dan berpaling dari bau busuk.

Meskipun rasa manis lebih disukai, preferensi rasa akan terus berkembang selama tahun pertama. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa makanan ibu bisa memengaruhi rasa ASInya.

Citarasa pertama ini dapat membantu membentuk preferensi citarasa di kemudian hari. Misalnya, seorang ibu yang makan makanan pedas saat menyusui cenderung memiliki anak yang tumbuh untuk menyukai makanan pedas.

Indera Peraba Bayi 1 Bulan

Pada usia 1 bulan, tangan bayi hampir selalu tertutup. Tetapi ketika mereka terbuka, dia akan menikmati menggenggam jari Moms jika Moms menyentuh telapak tangannya.

Jangan lupa ya Moms, untuk mengunting kuku bayi karena meskipun terlihat lunak tp kuku mereka cukup tajam untuk mengores kulit bayi yang masih sangat lembut.

Indera Penglihatan Bayi 1 Bulan

Di setiap momen terjaga, bayi Moms perlahan-lahan memperhatikan pemandangan, suara, dan aroma di sekitarnya. Pada bulan ini, bayi Moms mungkin bisa lebih fokus pada wajah dan benda, dan mungkin akan segera mulai mencari dengan matanya saat bergerak di depannya.

Perkembangan indera penglihatannya, pada bulan depan dan bulan bulan berikutnya, dia mungkin juga mulai meraih benda-benda. Misalnya, jika Anda memegang mainan di depannya, dia mungkin mulai memukulinya.

Indera Pendengaran Bayi 1 Bulan

Bulan ini bayi Anda mungkin dapat mulai berkomunikasi dengan cara yang lebih jelas. Misalnya, jika dia bosan, dia mungkin memberi tahu Moms dengan berteriak sampai dia menunjukkan sesuatu yang baru. Jika dia geli, dia mungkin merespons dengan tersenyum.

Pada bulan ini, Moms mungkin juga mulai bisa membedakan antara tangisannya yang lapar, tangisan yang lelah, dan tangisan yang teriritasi. Jika Moms belum mengalaminya, bulan ini Moms mungkin melihat senyuman pertamanya yang sebenarnya, kadang-kadang disebut senyuman sosial. Bayi akan menyeringai kecil itu ketika dia bangun, sebagai tanggapan terhadap sesuatu seperti suara Moms – dan hati Anda akan meleleh 🙂

Berikut beberapa hal yang dapat Anda coba bulan ini:

Waktu pelukan. Peluk bayi Anda sebanyak mungkin – ini cara yang bagus untuk Anda dan bayi Anda untuk mengikat! Para ahli mengatakan, semakin cepat dan konsisten Anda menghibur bayi Anda saat dia marah dalam enam bulan pertama, semakin tidak menuntut dia ketika dia lebih tua.

Stimulasi visual. Pada tahap ini, bayi Anda mungkin lebih suka melihat benda-benda yang memiliki garis lurus di atasnya, seperti garis-garis atau pola kotak-kotak. Pilih ponsel atau mainan dengan warna dan pola yang cerah dan kontras – dia tidak akan bisa mengalihkan perhatian dari pesta visual ini!

Mainan taktil. Bayi Anda juga mengenal dunia melalui sentuhan. Berikan mainannya dengan berbagai tekstur, bentuk, dan ukuran.
Berbicara dengan bayi Anda. Lakukan percakapan dengan bayi Anda dengan membiarkannya “berbicara” menggunakan coo, gurgle, dan senyumnya, dan berbicara kembali kepadanya menggunakan kata-kata, suara, dan ekspresi wajah. Pada waktunya, bayi Anda akan belajar meniru Anda, jadi “percakapan” awal ini bagus untuk perkembangannya.

Menjadi fisik. Perlahan rentangkan lengan bayi Anda di depannya untuk membentuk “tepuk tangan”; gerakkan kaki bayi Anda seolah sedang bersepeda; dan terus berlatih waktu perut. Semua ini membantu mengembangkan otot dan gerakannya.

Ikatan. Membangun rasa aman dan kepercayaan dengan bayi Anda memungkinkannya mencapai potensi penuhnya. Cari tahu lebih lanjut tentang ikatan dengan bayi baru lahir Anda di saat-saat sehari-hari.

Memberi Makan Bayi Usia 1 Bulan Anda

Anda mungkin bertanya-tanya berapa banyak untuk memberi makan bayi Anda yang berumur 1 bulan saat ia tumbuh. Lanjutkan untuk memberi makan bayi Anda kapan pun ia tampak lapar. Pada usia ini, itu mungkin sekitar delapan kali dalam periode 24 jam untuk bayi yang disusui atau sekitar tiga hingga empat jam untuk bayi yang diberi susu botol. Jika bayi Anda mengalami lonjakan pertumbuhan sedang, ia mungkin ingin makan lebih sering

Berapa Banyak Tidur yang Dibutuhkan Bayi 1 Bulan?

Pada usia ini bayi tidur sekitar 14 hingga 17 jam sehari – termasuk sekitar lima tidur siang pada siang hari. Dengan sedikit keberuntungan, bayi Anda mungkin mulai tidur untuk waktu yang lebih lama di malam hari dari sekitar usia 6 minggu.

Seiring waktu, siklus tidur bayi Anda perlahan akan semakin dekat dengan Anda. Tentu saja, pada akhirnya, bayi Anda akan mengembangkan rutinitas tidur dan ritme tidur biologisnya akan muncul, tetapi untuk saat ini penting untuk membiarkan bayi Anda tidur kapan pun ia mengantuk. Ini adalah saat dia akan mendapatkan kualitas tidur terbaik. Selalu menempatkan bayi Anda untuk tidur terlentang.

Jika bayi Anda menangis ketika Anda menurunkannya, tenangkan dia dengan mengayunkannya, memainkan musik yang menenangkan, atau berbicara dengannya dengan lembut. Jangan ragu untuk menjemputnya selama beberapa menit dan mengembalikannya ke tempat tidur ketika dia tampak tenang lagi. Baca mengapa bayi Anda bangun di malam hari untuk mengetahui lebih lanjut tentang topik ini.

Sehari dalam Kehidupan Bayi 1 Bulan

perkembangan bayi 1 bulan

Kesehatan Bayi : Kapan Bayi Menangis Karena Kolik?

Bayi menangis dari sepanjang hari, akan tetapi mana bayi yang menangis karena kolik jika

  • Bayi Anda tampaknya menangis setiap malam selama berjam-jam tangisannya bernada tinggi
  • Tangisan itu tampaknya tanpa alasan yang jelas
  • Apabila Moms kesulitan menenangkannya ketika dia menangis

Penyedia layanan kesehatan Anda dapat membuat diagnosis kolik jika si kecil menangis lebih dari tiga jam sehari, lebih dari tiga hari seminggu, setidaknya selama tiga minggu berturut-turut sering dimulai ketika bayi berusia 2 hingga 4 minggu dan dapat bertahan hingga bayi berusia sekitar 3 hingga 4 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *